Hapus Segera, Aplikasi Ini Hanya Akan Memperburuk Kinerja Hardware Smartphone Kamu


Terkadang kita sebagai manusia merasa tidak puas dengan apa yang ada di kemampuan smartphone kita. Saat pertama kali beli, rasanya performa smartphone kita sangat hebat dan terasa bisa membuka apapun. Namun, semakin lama mengapa semakin lemah dan bahkan sering error ya?

Mungkin seperti itulah pertanyaan yang sering dihadapi pengguna smartphone terutama Android. Mereka merasa smartphone mereka semakin lambat. Lambat atau buruknya kinerja tersebut dipengaruihi oleh aktifitas hardware kita. Dan kinerja hardware kita dipengaruhi oleh aplikasi ataupun software pada smartphone.

Percaya atau tidak, software kita akan berpengaruh besar terhadap kinerja smartphone. Contoh paling sederhananya adalah, memakain aplikasi over clocking, otomatis core dan chipset kita akan bekerja sangat cepat sehingga merasakan panas yang berlebihan.

Jadi, aplikasi sangat berpengaruh dengan kinerja hardware smartphone. Lalu yang menjadi pertanyaanya, aplikasi apa sajakah yang memperburuk kinerja hardware tersebut? Apakah semua aplikasi? Tidak, bukan semua tentunya. Hanya ada beberapa jenis aplikasi saja. Berikut penjelasannya.

1. Aplikasi Penghemat Baterai

Pasti bertanya-tanya, mengapa aplikasi penghemat baterai dianggap memperlambat? Yah jelas saja, pernahkah anda merasakan mengapa animasi, efek transisi, fitur dan lain sebagainya serasa hilang saat menggunakan aplikasi penghemat baterai? Yah ini adalah inti dari penghemat baterai, fitur lainnya berupa efek dan fitur akan dimatikan agar hemat baterai. Padahal, hal ini sangat mendukung kinerja hardware kita.

Kinerja hardware seperti chipset dan core yang mendukung untuk berbagai efek transisi kini hilang dan percuma. Memang nyatanya baterai kamu sedikit hemat, namun lihatlah berapa ruang RAM yang termakan untuk aplikasi yang selalu hidup seperti BBM ini. Banyak bukan? Jadi aplikasi ini juga mempengaruhi kinerja RAM kamu yang padahal bisa untuk aplikasi lainnya.

2. Aplikasi Meningkatkan RAM

Nah kalau ini lebih aneh lagi. Kamu menginstall aplikasi yang bisa meningkatkan kinerja RAM. Jadi intinya dengan aplikasi ini, RAM kamu menjadi lebih lega dan banyak ruang kosong. Tapi, sadarkah anda bahwa dengan menggunakan aplikasi ini, tandanya kita mematikan beberapa kinerja hardware? Yah, kinerja hardware yang seharusnya bisa menyimpan Cache aplikasi akan tidak bergun karena aplikasi meningkatkan kinerja RAM ini menghapus semua cache aplikasi. Jadi setiap aplikasi yang dikeluarkan, sistem tidak menyimpan Chache aplikasi sehingga pada saat dibuka kembali, aplikasi itu akan lebih lambat terbuka. Jadi saya sarankan untuk segera dihapus saja ya.

3. Aplikasi Tweak

Aplikasi tweak ini mungkin tidak terlalu berdmpak untuk kinerja hardware. Namun, kalau saya merekomendasikan, lebih baik apliksi tweak ini dihapus saja. Contoh tweak android adalah Bravia Engine, Dolby dan lain sebagainya. Nah dengan tweak ini kamu bisa merasakan kinerja hardware yang sanga meningkat dan suara speaker lebih keras, namun kamu tidak sadar bahwa kinerja baterai makin memburuk. Smartphone semakin panas dan akhirnya error. Jadi saya menyarnkan untuk di hapus saja.

4. Apliksi Root

Untuk kamu yang bukan developer, sebaiknya hindari menginstal dan berusaha meroot smartphone kamu. Aplikasi ini berusaha membuka lebar sistem kamu yang sudah terutup rapat. Jadi, aplikasi jenis apapun boleh mengakses sistem lebih dalam melalui fitur Root ini. Tapi untuk developer, Root ini sangat berguna untuk pengembangan. Jadi jika memang tidak ingin disusupi virus sehingga memperburuk smartphone, sebaiknya di hapus saja.

5. Aplikasi Install .zip Untuk Ganti Sistem

Jika belum mengerti, aplikasi ini berguna untuk mengubah atau menginstall ulang sistem android dengan sistem lain. Contoh simpelnya pada laptop dimana kita bisa ganti ke Windows 7, 8 dan lain sebagainya. Sama seperti android, dengn apliksi ini kamu bisa menginstall sistem yang bertipe .zip sehingga terganti. Contoh kita menggunakan sistem MIUI di Xiaomi, nah dengan aplikasi ini, kita bisa install CyanogenMod, LineageOS dan bahkan ColorOS milik brand lainnya ke smartphone kita. Tapi ada bahayanya, ketika itu adalah Unofficial CustomROM, maka bersiap untuk merasakan kekurangan seperti fingerprint mati, LED mati, speaker rendah, kamera lebih rendah kualitasnya dan lain sebagainya.

6. Aplikasi Pengganti Kamera

Nah ini apalagi, ketika kamu menggnti kamera bawaan dengan aplikasi lain, percaya atau tidak hasilnya akan sangaat jauh dan bahkan lebih rendah. Aplikasi lain tentu berbeda sistem dengan bawan, jadi kinerja kamera yang bisa fokus dan menghadirkan efek bokeh, maka tidak akan tampil di aplikasi lain. Contoh kecilnya adalah aplikasi Instagram yang punya fitur kamera. Coba kamu foto dengan kamera di Instagram dan kamera bawaan kamu, mana lebih bagus? Tentu kamera bawaan bukan? Itu tandanya sistem kamera di Instagram belum sinkron dengan sistem android kamu.

7. Aplikasi Penguat Sinyal

Jika masih ada yang pakai apliksi ini, mungkin harus saya tekankan bahwa tidak ada guna menginstall ini. Kekuatan sinyal bergntung pada Hardware dan jangkauan dari pusat. Jadi untuk apa kamu install aplikasi tersebut? Hanya memberatkan kinerja RAM smartphone kamu saja.

8. Aplikasi di Luar Market

Nah ini yang terakhir. Jangan install aplikasi yang berasal dari luar market Playstore terutama. Karena bisa saja aplikasi tersebut di rancang untuk disusupi oleh virus dan akibatnya smartphone kamu makin parah. Saya sangat yakin, 99% aplikasi yang berasal dari store resmi itu sangat aman digunakan. Jadi, silahkan di hapus saja aplikasi seperti Black Market dan aplikasi yang kamu download dari Google. Berbahaya!

Itulah tadi beberapa aplikasi yang sangat berdampak bagi smartphone kamu. Ada yang makin baik, namun yang saya berikan tadi rata-rata hanya memperburuk kinerja hardware. Semua aplikasi tersebut saya berikan karena sudah berpengalaman merasakannya dan hasinya buruk.

Namun semua bergantung kepada kamu sendiri, jika bijak menggunakannya, maka hasilnya akan lebih baik. Ada baiknya kamu bagikan postingan ini agar teman kamu bisa tau dan langsung menghapus segera aplikasi yang dimaksud. Nanti hasilnya smartphone kalian akan lebih tahan lama deh.

Semoga dengan adanya postingan ini, wawasan kamu lebih bertambah dan tentu langsung bisa dilakukan sesuai apa yang saya sarankan. Semoga bermanfaat ya.. ^_^

1 Response to "Hapus Segera, Aplikasi Ini Hanya Akan Memperburuk Kinerja Hardware Smartphone Kamu "

  1. tik tok juga kalau bisa ditambahkan ke daftarnya mas.. wkwk :V

    ReplyDelete

Jangan berkomentar yang dapat menyinggung perasaan orang lain.